Header Ads Widget

Responsive Advertisement

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INGGRIS KELAS 4 HANG OUT

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

UNIT 1

LOTS TO DO

 

Sekolah

:

SD …………………..

Subjek

:

Bahasa Inggris

Skill

:

Mendengarkan (Listening)

Kelas/ Semester

:

4/1

Alokasi Waktu

:

2x35 menit

 

I.                   Standar Kompetensi

1.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas

 

II.                Kompetensi Dasar

1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas

1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas

 

III.             Indikator Pencapaian

1.      Mengucapkan kosa kata yang didengar secara lantang

2.      Mengaplikasikan grammar yang dipelajari dengan mengucapkannya dalam kalimat sederhana

3.      Memilih jawaban yang benar sesuai dengan rekaman yang didengar

 

IV.             Material Pembelajaran

a.       Hang Out! Level 4 Student Book

b.      Hang Out! Level 4Workbook

 

V.                Metode Pembelajaran

1.      Flashcards

2.      Game: Snap it!

3.      Audio

4.      Oral Interview

 

VI.             Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

a.

Guru menyapa para murid dan mengabsensi para murid

10”

b.

Guru memancing para murid untuk menceritakan hari mereka dengan cara bertanya: “What do you have to do today?”. Jika tidak ada yang menjawab, Guru bisa menunjuk para murid untuk menceritakan hari mereka dengan cara menjawab pertanyaan ini

Kegiatan Inti

a.

Guru mengajak para murid untuk melihat kegiatan apa saja yang harus dilakukan oleh Emma, Brian, dan Alex dengan cara menunjukkan sebuah gambar kepada para murid dengan flashcards dan bertanya “What do they have to do today?”

50”

b.

Setelah tebakan para murid, Guru menuliskan kosakatanya di papan tulis. Guru mengucapkan kosakatanya dan meminta para murid untuk mengulangi kosakata yang mereka dengar. Kosakata tersebut diambil dari halaman 10 bagian A

c.

 

Gurumembentuk 4 kelompok dan bermain “Snap it!”:

1.

Guru menempelkan seluruh gambar di sekeliling kelas

2.

Setiap kelompok diminta berdiri memanjang kebelakang. Murid yang berdiri didepan akan menjadi representative kelompok tersebut

3.

Guru akan memutarkan audio dan mem-pause-nya disetiap kata

4.

Ketika murid mendengar 1 kata, setiap perwakilan kelompok harus berlomba-lomba untuk mencabut gambar yang sesuai dengan kata yang mereka dengar

5.

Perwakilan kelompok yang tercepat dan benar akan mendepatkan 1 poin

6.

Di akhir permainan, kelompok yang mendapatkan poin paling banyak, merekalah pemenangnya

d.

Guru menempelkan semua gambar yang telah dikumpulkan di papan tulis. Kemudian menuliskan di bawah gambar tersebut: “What do they have to do today?”. Dibawah kalimat itu, Guru menuliskan They have to.........

e.

Guru menunjuk ke sebuah gambar secara acak dan bertanya kepada para murid: “What do they have to do today?”. Jika para murid menjawab kosakatanya langsung seperti: get medicine saja, maka Guru bisa menunjuk kalimat “They have to....” dan membimbing para murid untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan kalimat yang lengkap: “They have to (nama kegiatannya)”

f.

Setelah 3-4 kata, Guru bisa menghapus kalimat “They have to...”. Guru menunjuk ke gambar lainnya dan bertanya “What do they have to do today?” dan memastikan para murid menjawabnya dengan kalimat yang lengkap

g.

Guru menghapus kata “they” di pertanyaan “What do they have to do?” dan menggantinya dengan “you”. Sama seperti sebelumnya, Guru menanyakan pertanyaan itu pada para murid dan para murid perlu menjawabnya dengan jawaban lengkap. Begitu juga dengan “she/he”. Guru bisa memakai cara yang sama

h.

Guru meminta para murid untuk membuat list kegiatan yang mereka harus lakukan sepulang sekolah

i.

Guru meminta para murid mewawancarai minimal 4 teman mereka dan menanyakan kegiatan apa yang teman mereka harus lakukan sepulang sekolah

j.

Guru meminta para murid untuk berpasangan dan menceritakan mengenai hasil dari oral interview mereka

Kegiatan Penutup

 

a.

Guru mereview lagi materi yang dibagikan dengan memberi pertanyaan – pertanyaan kemudian Guru meminta para murid untuk mengerjakan Workbook

10”

b.

Guru mengucapkan selamat tinggal kepada para murid

 

VII.          Penilaian

A.    Listening 

            Teknik: Tes tulis (Workbook)

            Pedoman Penilaian:

1.      Untuk setiap jawaban benar = 1

2.      Jawaban salah = 0,5

3.      Tidak menjawab = 0

4.      Nilai = jumlah score X 10

           6

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

UNIT 1

LOTS OF TO DO

 

Sekolah

:

SD …………………..

Subjek

:

Bahasa Inggris

Skill

:

Mendengarkan (Listening) dan Membaca (Reading)

Kelas/ Semester

:

4/1

Alokasi Waktu

:

2x35 menit

 

I.                   Standar Kompetensi

1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas

3. Memahami tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

 

II.                Kompetensi Dasar

1.1  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas

1.2  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas

3.1 Membaca nyaring dengan melafalkan kosa kata dengan tepat

3.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana

 

III.             Indikator Pencapaian

1.      Mengucapkan kosa kata yang didengar secara lantang

2.      Mengaplikasikan grammar yang dipelajari dalam kegiatan tanya jawab dengan teman sekelas

3.      Mengucapkan dengan lantang nama dari setiap gambar yang dimaksud

4.      Menjawab pertanyaan sesuai informasi yang didapatkan dalam teks yang dibaca

 

IV.             Material Pembelajaran

a.       Hang Out! Level 4 Student Book

b.      Hang Out! Level 4 Workbook

 

V.                Metode Pembelajaran

1.      Flashcards

2.      Jumbled Dialogues

3.      Game: Guess it!

4.      Groupwork

 

VI.             Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

a.

Guru menyapa para murid dan mengabsensi para murid

10”

b.

Guru mereview kembali kosa kata yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya dengan flashcards. Guru menunjukkan sebuah gambar kepada para murid dan bertanya “What do you have to do today?” dan meminta para murid untuk menjawabnya dengan lengkap

Kegiatan Inti

a.

Guru meminta para murid untuk berpasangan dan menutup buku mereka

50”

b.

Guru membagikan potongan-potongan teks dan meminta para murid bersama dengan pasangan mereka mengurutkan potongan-potongan teks tersebut sehingga membentuk suatu dialog yang utuh

c.

Guru meminta para murid untuk berdiskusi dengan pasangan mereka mengenai isi teks dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di halaman 12 bagian B bawah. Kemudian, Guru dan para murid membahasnya bersama-sama

d.

Kali ini, Guru mengajak para murid untuk melihat kegiatan Ibu Brian, Emma, dan Alex di akhir minggu dengan cara meminta para murid untuk melihat kepada gambar-gambar yang ada di buku halaman 15 bagian A

e.

Guru meminta para murid untuk melihat gambar pertama (Pharmacy) kemudian memutarkan audio. Guru akan mem-pause di setiap kata dan meminta para murid untuk mengulangi kata yang mereka dengarkan

f.

 

Guru dan para murid bermain “Guess it!”:

1.

Para murid dibagi kedalam 4 kelompok besar dan diminta untuk berdiri berbaris ke belakang

2.

Para murid yang berdiri didepan akan menjadi perwakilan untuk tiap kelompoknya

3.

Guru akan menampilkan suatu teka-teki (lihat lampiran 1 dibawah) dan para murid yang berdiri didepan akan menjawabnya dengan cara mengangkat tangan mereka dan langsung menyebutkan jawabannya

4.

Jika jawabannya benar, maka kelompoknya akan mendapatkan poin. Jika tidak, maka akan dilemparkan kesempatannya kepada kelompok lain

5.

Kelompok yang mendapat poin paling banyak yang akan menjadi pemenangnya

6.

Permainan akan dilakukan secara bergantian – ketika 1 murid selesai menjawab, mereka harus berpindah ke paling belakang dan membiarkan teman mereka menjadi perwakilan kelompok selanjutnya

g.

Gurumeminta para murid untuk menyebutkan 1 tempat yang mereka akan kunjungi pada hari sore hari dan menuliskannya di papan tulis. Kemudian, Guru memilih satu tempat dan bertanya kepada murid tersebut: “Do you have to go to the (nama tempat)?”. Jika murid tersebut menjawab iya, maka Guru harus mengarahkan jawabannya ke: “Yes, I do.” dan sebaliknya. Guru menuliskan “Yes, I do” dan “No, I don’t” di papan tulis

h.

Guru dan para murid kemudian membahas perbedaan antara “Yes, I do” dan “No, I don’t”. Guru menjelaskan perubahan bentuk jika menggunakan subjek She, He, Theyrefer ke contoh yang ada di halaman 15 bagian C

i.

Guru meminta para murid berpasangan dan bertanya jawab menggunakan latihan yang ada di halaman 15 bagian C

j.

Guru meminta para murid untuk berkelompok – 1 kelompok berisi 3-4 orang

g.

Guru memberikan dialog kepada masing-masing kelompok (lihat lampiran 2) dan meminta mereka masing-masing untuk membahas isi dari dialog yang mereka dapatkan

h.

 

Guru bertanya jawab dengan para murid mengenai dialog tersebut:

1. Who are they? Are they friends?

2. Where does Olive have to go?

3. Does she have to go alone? Why?

4. In the end, does she have to go alone? Why?

i.

Guru meminta para murid tetap dalam kelompok kemudian membuat suatu dialog yang membicarakan mengenai rencana di akhir pekan mereka. Mereka bisa menggunakan dialog yang mereka dapatkan sebagai referensi

j.

Guru meminta para murid menyiapkan dialog tersebut untuk dipertunjukkan di pertemuan selanjutnya

Kegiatan Penutup

 

a.

Guru mereview lagi materi yang dibagikan dengan memberi pertanyaan – pertanyaan kemudian Guru meminta para murid untuk mengerjakan Workbook

10”

b.

Guru mengucapkan selamat tinggal kepada para murid

 

VII.          Penilaian

            Reading

            Teknik: Tes tulis (Workbook)

            Pedoman Penilaian:

1.      Untuk setiap jawaban benar = 1

2.      Jawaban salah = 0,5

3.      Tidak menjawab = 0

4.      Nilai = jumlah score X 10

           6                               

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

UNIT 1

LOTS TO DO

 

Sekolah

:

SD …………………..

Subjek

:

Bahasa Inggris

Skill

:

Membaca (Reading) dan Berbicara (Speaking)

Kelas/ Semester

:

4/1

Alokasi Waktu

:

2x35 menit

 

I.                   Standar Kompetensi

2. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

3. Memahami tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

 

II.                Kompetensi Dasar

2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan  tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang dan memberi barang

3.1 Membaca nyaring dengan melafalkan kosa kata dengan tepat

3.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana

 

III.             Indikator Pencapaian

1.    Mengungkapkan tindak tutur untuk:

a.       Meminta bantuan

b.      Meminta barang

c.       Memberi barang

2.    Mengaplikasikan grammar yang dipelajari dalam kegiatan tanya jawab dengan teman sekelas

3.    Mengulang kosa kata yang didengar dengan lantang dan tepat

4.    Mengucapkan dengan lantang nama dari setiap gambar yang dimaksud

5.    Menjawab pertanyaan sesuai informasi yang didapatkan dalam teks yang dibaca

 

IV.             Material Pembelajaran

a.       Hang Out! Level 4 Student Book

b.      Hang Out! Level 4 Workbook

 

V.                Metode Pembelajaran

1.      Role Play

2.      Match the text with the pictures

3.      Audio

 

VI.             Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

a.

Guru menyapa para murid dan mengabsensi para murid

10”

b.

Guru mereview kembali kosa kata yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya

Kegiatan Inti

a.

Guru memberikan waktu kepada para murid untuk mempersiapkan diri dan dialog kelompoknya

50”

b.

Guru memberikan waktu sekitar 3-5 menit untuk mereka tampil

c.

Selama penampilan para muridnya, Guru hanya menilai dan mencatat kesalahan-kesalahan yang para muridnya lakukan tanpa menginterupsi mereka

d.

Ketika penampilan selesai, Guru membahas kesalahan-kesalahan yang ia catat tanpa menyebutkan nama murid yang melakukan kesalahan tersebut

e.

Guru meminta para murid untuk berkelompok dan memberikan sebuah gambar tanpa ada dialog dalam gambar tersebut (gambar ambil dari halaman 16-17 dan semua teks yang ada di kotak hijau dihilangkan. Sisakan teks yang ada di kotak pink). Guru juga memberikan satu set teks kepada masing-masing kelompok

f.

Guru meminta para murid untuk menempelkan teks tersebut di tempat yang seharusnya dalam gambar tersebut kemudian mereka diminta untuk membaca teks-teks tersebut dan merangkum isi dari setiap teks yang ada

g.

Guru dan para murid bersama-sama menjawab pertanyaan yang ada di halaman 17 bagian B

h.

Guru kemudian memutarkan sebuah audio dan meminta para murid untuk mengisi baris yang rumpang sesuai dengan informasi yang mereka dengarkan dari audio tersebut kemudian menjawab pertanyaan dibawahnya sesuai dengan teks yang mereka baca

i.

Guru meminta para murid untuk mengisi jawaban di baris yang kosong untuk pertanyaan-pertanyaan yang ada di halaman 18 bagian D

j.

Guru dan para murid menjawab bersama-sama jawaban dari semua pertanyaan tersebut

Kegiatan Penutup

 

a.

Guru mereview lagi materi yang dibagikan dengan memberi pertanyaan-pertanyaan kemudian Guru meminta para murid untuk mengerjakan Workbook

10”

b.

Guru mengucapkan selamat tinggal kepada para murid

 

VII.          Penilaian

            Reading  

            Teknik: Tes tulis (Workbook)

            Pedoman Penilaian:

1.      Untuk setiap jawaban benar = 1

2.      Jawaban salah = 0,5

3.      Tidak menjawab = 0

4.      Nilai = jumlah score X 10

             6                                

 

 

            Speaking

            Teknik: Tes lisan

            Pedoman Penilaian: Mengacu pada penilaian diknas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

UNIT 1LOTS TO DO

 

Sekolah

:

SD …………………..

Subjek

:

Bahasa Inggris

Skill

:

Menulis (Writing)

Kelas/ Semester

:

4/1

Alokasi Waktu

:

2x35 menit

 

I.                   Standar Kompetensi

4.  Mengeja dan menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

 

II.                Kompetensi Dasar

4.2      Menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat dan pesan tertulis

 

III.             Indikator Pencapaian

1.      Mengidentifikasi kosa kata mengenai aktifitas dan nama-nama tempat dalam satu teks pendek dan sederhana

2.      Melengkapi tabel sesuai dengan topik yang diberikan

3.      Menyusun suatu teks pendek dan sederhana menggunakan informasi yang telah ditulis dalam tabel

 

IV.             Material Pembelajaran

a.       Hang Out! Level 4 Student Book

b.      Hang Out! Level 4 Workbook

 

V.                Metode Pembelajaran

1.      Making short summary

2.      Groupwork

3.      Filling the table

4.      Peer correction

5.      Writing short story about their plans

 

VI.             Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

a.

Guru menyapa para murid dan mengabsensi para murid

10”

b.

Guru mereview kembali kosa kata yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya dengan tanya jawab

Kegiatan Inti

a.

Guru meminta para murid untuk berpasangan kemudian memberikan teks yang berbeda kepada setiap murid

50”

b.

Guru meminta setiap murid membaca teks yang mereka dapatkan. Mereka diminta juga untuk melingkari kegiatan yang ada dalam teks tersebut dan menggarisbawahi nama-nama tempat yang ada dalam teks tersebut

c.

Guru meminta para murid untuk bergantian menceritakan isi dari teks yang mereka dapatkan kepada teman sebangku mereka

d.

 

Guru dan para murid saling bertanya jawab mengenai teks yang mereka dapatkan:

1.

Will the write in text A will be busy next week?

2.

What will happen? What does the writer have to do?

3.

How about the second text? Where does Timmy have to go?

4.

What does he have to do?

e.

Guru meminta para murid untuk mengisi tabel yang ada di halaman 19 bagian B dengan rencana akhir pekan mereka

f.

Guru meminta para murid untuk berpasangan kemudian saling bertanya jawab mengenai rencana akhir pekan masing-masing. Kemudian, para murid diminta untuk mengisi tabel kedua yang ada di bagian B halaman 19 dengan hasil tanya jawab mereka

g.

Guru meminta para murid untuk menulis suatu teks pendek yang menceritakan mengenai rencana akhir pekan mereka sesuai dengan isi dalam tabel yang telah mereka buat

h.

Setelah selesai, para murid diminta untuk menukarkan teks yang telah mereka tulis dengan teman sebangku mereka untuk dikoreksi (peer correction)

i.

Guru memberikan para murid waktu untuk membetulkan teks mereka berdasarkan koreksi dari teman mereka. Kemudian, di akhir pertemuan, Guru meminta para murid untuk mengumpulkan hasil tulisan mereka

Kegiatan Penutup

 

a.

Guru mereview lagi materi yang dibagikan dengan memberi pertanyaan-pertanyaan kemudian Guru meminta para murid untuk mengerjakan Workbook

10”

b.

Guru mengucapkan selamat tinggal kepada para murid

 

VII.          Penilaian

            Writing

            Teknik: Tes Tertulis

            Bentuk: Melengkapi chart

            Pedoman Penilaian: Mengikuti pedoman penilaian dari diknas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran

 

 

Lampiran 1

a.    You will go here when you are sick to buy medicine. This place has a special scent. (Pharmacy)

b.    In the past, this place only for sending letters. However, nowadays, this place is also delivering things too. You can also buy postage stamps here. (Post office)

c.    I love to go to this place. Everythings which I need can be found in this place. This place sells foods, vegetables, drinks, and also daily needs such as shampoo, soap, toothpaste, etc. Some places sell books and stationery also. (Supermarket)

d.   This place is usually a huge place. You can find any kind of books here such as romantic books, horror books, fiction books, etc. Some places sells dolls and toys too. (Bookstore)

e.    This place is for opening account in which you can save your money. Although you are still young, you need to know this place and save your money here. (Bank)

f.     If you want to buy fancy clothes, you can go here. In this place, you can see many kinds of clothes. In Indonesia, Matahari, is the example of this place. (Department Store)

g.    I like to go here on weekends with my friends, especially, to see the new movie which has been released. I will buy popcorn and cola to accompany me during the movie. (Theatre)

h.    “Oh no, I need a new haircut!” – after saying that sentence, I will call my barber to make an appointment and go to this place to have a new haircut. Usually, I will go there with my bestfriend. We are not only cutting our hair, but also creambath. It’s a fun time for girls! (Hairdresser)

 

 

          Lampiran 2

 

            Julie         :       Hi girls!

            Girls         :       Hi Jul!

            Julie         :       What’s your plan for this weekend?

            Olive        :       I have to go to department store. Huftt...

            Caroline   :       Why do you look sad?

            Olive        :       Because I have to go by myself. My parents can’t accompany me. They only drop me there                         then will pick me up after I finish shopping

            Julie         :       Do you have to go there this week?

            Olive        :       Yes, I need to buy some stationaries

            Caroline   :       Then, I can accompany you. How about you, Julie? Do you have plan this weekend

            Julie         :       Nope. I can accompany you also

            Olive        :       Woaw, you are my bestfriends.

 


Posting Komentar

0 Komentar