RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
UNIT 1
LOTS TO DO
Sekolah |
: |
SD ………………….. |
Subjek |
: |
Bahasa Inggris |
Skill |
: |
Mendengarkan
(Listening) |
Kelas/ Semester |
: |
4/1 |
Alokasi Waktu |
: |
2x35 menit |
I.
Standar Kompetensi
1. Memahami instruksi
sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
II.
Kompetensi Dasar
1.1
Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas
III.
Indikator Pencapaian
1.
Mengucapkan
kosa kata yang didengar secara lantang
2.
Mengaplikasikan
grammar yang dipelajari dengan mengucapkannya dalam kalimat sederhana
3. Memilih jawaban yang benar sesuai dengan rekaman
yang didengar
IV.
Material Pembelajaran
a.
Hang Out! Level 4 Student Book
b.
Hang Out! Level 4Workbook
V.
Metode Pembelajaran
1.
Flashcards
2.
Game: Snap it!
3.
Audio
4.
Oral Interview
VI.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
||
Kegiatan Pendahuluan |
a.
|
Guru
menyapa para murid dan mengabsensi para murid |
10” |
|
b. |
Guru memancing para murid untuk menceritakan hari mereka
dengan cara bertanya: “What do you have to do today?”. Jika tidak ada yang
menjawab, Guru bisa menunjuk para murid untuk menceritakan hari mereka dengan
cara menjawab pertanyaan ini |
|||
Kegiatan Inti |
a.
|
Guru
mengajak para murid untuk melihat kegiatan apa saja yang harus dilakukan oleh
Emma, Brian, dan Alex dengan cara menunjukkan sebuah gambar kepada para murid
dengan flashcards dan bertanya “What do they have to do today?” |
50” |
|
b. |
Setelah tebakan para murid, Guru menuliskan kosakatanya
di papan tulis. Guru mengucapkan kosakatanya dan meminta para murid untuk
mengulangi kosakata yang mereka dengar. Kosakata tersebut diambil dari
halaman 10 bagian A |
|||
c.
|
Gurumembentuk
4 kelompok dan bermain “Snap it!”: |
|||
1.
|
Guru
menempelkan seluruh gambar di sekeliling kelas |
|||
2.
|
Setiap
kelompok diminta berdiri memanjang kebelakang. Murid yang berdiri didepan
akan menjadi representative kelompok tersebut |
|||
3.
|
Guru
akan memutarkan audio dan mem-pause-nya disetiap kata |
|||
4.
|
Ketika
murid mendengar 1 kata, setiap perwakilan kelompok harus berlomba-lomba untuk
mencabut gambar yang sesuai dengan kata yang mereka dengar |
|||
5.
|
Perwakilan
kelompok yang tercepat dan benar akan mendepatkan 1 poin |
|||
6.
|
Di
akhir permainan, kelompok yang mendapatkan poin paling banyak, merekalah
pemenangnya |
|||
d.
|
Guru
menempelkan semua gambar yang telah dikumpulkan di papan tulis. Kemudian
menuliskan di bawah gambar tersebut: “What do they have to do today?”.
Dibawah kalimat itu, Guru menuliskan They
have to......... |
|||
e.
|
Guru
menunjuk ke sebuah gambar secara acak dan bertanya kepada para murid: “What
do they have to do today?”. Jika para murid menjawab kosakatanya langsung
seperti: get medicine saja, maka Guru bisa menunjuk kalimat “They have
to....” dan membimbing para murid untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan
kalimat yang lengkap: “They have to (nama kegiatannya)” |
|||
f.
|
Setelah
3-4 kata, Guru bisa menghapus kalimat “They have to...”. Guru menunjuk ke
gambar lainnya dan bertanya “What do they have to do today?” dan memastikan
para murid menjawabnya dengan kalimat yang lengkap |
|||
g.
|
Guru
menghapus kata “they” di pertanyaan “What do they have to do?” dan
menggantinya dengan “you”. Sama seperti sebelumnya, Guru menanyakan
pertanyaan itu pada para murid dan para murid perlu menjawabnya dengan
jawaban lengkap. Begitu juga dengan “she/he”. Guru bisa memakai cara yang
sama |
|||
h.
|
Guru
meminta para murid untuk membuat list kegiatan yang mereka harus lakukan
sepulang sekolah |
|||
i.
|
Guru
meminta para murid mewawancarai minimal 4 teman mereka dan menanyakan
kegiatan apa yang teman mereka harus lakukan sepulang sekolah |
|||
j.
|
Guru
meminta para murid untuk berpasangan dan menceritakan mengenai hasil dari
oral interview mereka |
|||
Kegiatan Penutup |
a.
|
Guru
mereview lagi materi yang dibagikan dengan memberi pertanyaan – pertanyaan
kemudian Guru meminta para murid untuk mengerjakan Workbook |
10” |
|
b.
|
Guru
mengucapkan selamat tinggal kepada para murid |
VII.
Penilaian
A.
Listening
Teknik: Tes tulis (Workbook)
Pedoman Penilaian:
1.
Untuk setiap
jawaban benar = 1
2.
Jawaban salah
= 0,5
3.
Tidak menjawab
= 0
4.
Nilai = jumlah
score X 10
6
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
UNIT 1
LOTS OF TO
DO
Sekolah |
: |
SD ………………….. |
Subjek |
: |
Bahasa Inggris |
Skill |
: |
Mendengarkan (Listening)
dan Membaca (Reading) |
Kelas/ Semester |
: |
4/1 |
Alokasi Waktu |
: |
2x35 menit |
I.
Standar Kompetensi
1. Memahami instruksi
sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
3. Memahami tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
II.
Kompetensi Dasar
1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
instruksi secara berterima dalam konteks kelas
1.2
Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas
3.1
Membaca nyaring dengan melafalkan kosa kata dengan tepat
3.2
Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat
sederhana
III.
Indikator Pencapaian
1.
Mengucapkan
kosa kata yang didengar secara lantang
2.
Mengaplikasikan
grammar yang dipelajari dalam kegiatan tanya jawab dengan teman sekelas
3.
Mengucapkan
dengan lantang nama dari setiap gambar yang dimaksud
4.
Menjawab
pertanyaan sesuai informasi yang didapatkan dalam teks yang dibaca
IV.
Material Pembelajaran
a.
Hang Out! Level 4 Student Book
b.
Hang Out! Level 4 Workbook
V.
Metode Pembelajaran
1.
Flashcards
2.
Jumbled
Dialogues
3.
Game: Guess
it!
4.
Groupwork
VI.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
||
Kegiatan Pendahuluan |
a.
|
Guru
menyapa para murid dan mengabsensi para murid |
10” |
|
b.
|
Guru
mereview kembali kosa kata yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya dengan
flashcards. Guru menunjukkan sebuah gambar kepada para murid dan bertanya
“What do you have to do today?” dan meminta para murid untuk menjawabnya
dengan lengkap |
|||
Kegiatan Inti |
a.
|
Guru
meminta para murid untuk berpasangan dan menutup buku mereka |
50” |
|
b.
|
Guru
membagikan potongan-potongan teks dan meminta para murid bersama dengan
pasangan mereka mengurutkan potongan-potongan teks tersebut sehingga
membentuk suatu dialog yang utuh |
|||
c.
|
Guru
meminta para murid untuk berdiskusi dengan pasangan mereka mengenai isi teks
dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di halaman 12 bagian B bawah.
Kemudian, Guru dan para murid membahasnya bersama-sama |
|||
d.
|
Kali
ini, Guru mengajak para murid untuk melihat kegiatan Ibu Brian, Emma, dan
Alex di akhir minggu dengan cara meminta para murid untuk melihat kepada
gambar-gambar yang ada di buku halaman 15 bagian A |
|||
e.
|
Guru
meminta para murid untuk melihat gambar pertama (Pharmacy) kemudian
memutarkan audio. Guru akan mem-pause di setiap kata dan meminta para murid
untuk mengulangi kata yang mereka dengarkan |
|||
f.
|
Guru
dan para murid bermain “Guess it!”: |
|||
1.
|
Para
murid dibagi kedalam 4 kelompok besar dan diminta untuk berdiri berbaris ke
belakang |
|||
2.
|
Para
murid yang berdiri didepan akan menjadi perwakilan untuk tiap kelompoknya |
|||
3.
|
Guru
akan menampilkan suatu teka-teki (lihat lampiran 1 dibawah) dan para murid
yang berdiri didepan akan menjawabnya dengan cara mengangkat tangan mereka
dan langsung menyebutkan jawabannya |
|||
4.
|
Jika
jawabannya benar, maka kelompoknya akan mendapatkan poin. Jika tidak, maka
akan dilemparkan kesempatannya kepada kelompok lain |
|||
5.
|
Kelompok
yang mendapat poin paling banyak yang akan menjadi pemenangnya |
|||
6.
|
Permainan
akan dilakukan secara bergantian – ketika 1 murid selesai menjawab, mereka
harus berpindah ke paling belakang dan membiarkan teman mereka menjadi
perwakilan kelompok selanjutnya |
|||
g.
|
Gurumeminta
para murid untuk menyebutkan 1 tempat yang mereka akan kunjungi pada hari
sore hari dan menuliskannya di papan tulis. Kemudian, Guru memilih satu
tempat dan bertanya kepada murid tersebut: “Do you have to go to the (nama
tempat)?”. Jika murid tersebut menjawab iya, maka Guru harus mengarahkan
jawabannya ke: “Yes, I do.” dan sebaliknya. Guru menuliskan “Yes, I do” dan
“No, I don’t” di papan tulis |
|||
h.
|
Guru
dan para murid kemudian membahas perbedaan antara “Yes, I do” dan “No, I
don’t”. Guru menjelaskan perubahan bentuk jika menggunakan subjek She, He, They – refer ke contoh yang ada di halaman 15 bagian C |
|||
i.
|
Guru
meminta para murid berpasangan dan bertanya jawab menggunakan latihan yang
ada di halaman 15 bagian C |
|||
j.
|
Guru
meminta para murid untuk berkelompok – 1 kelompok berisi 3-4 orang |
|||
g.
|
Guru
memberikan dialog kepada masing-masing kelompok (lihat lampiran 2) dan
meminta mereka masing-masing untuk membahas isi dari dialog yang mereka
dapatkan |
|||
h.
|
Guru
bertanya jawab dengan para murid mengenai dialog tersebut: 1.
Who are they? Are they friends? 2.
Where does Olive have to go? 3.
Does she have to go alone? Why? 4.
In the end, does she have to go alone? Why? |
|||
i.
|
Guru
meminta para murid tetap dalam kelompok kemudian membuat suatu dialog yang
membicarakan mengenai rencana di akhir pekan mereka. Mereka bisa menggunakan
dialog yang mereka dapatkan sebagai referensi |
|||
j.
|
Guru
meminta para murid menyiapkan dialog tersebut untuk dipertunjukkan di
pertemuan selanjutnya |
|||
Kegiatan Penutup |
a.
|
Guru
mereview lagi materi yang dibagikan dengan memberi pertanyaan – pertanyaan
kemudian Guru meminta para murid untuk mengerjakan Workbook |
10” |
|
b.
|
Guru
mengucapkan selamat tinggal kepada para murid |
VII.
Penilaian
Reading
Teknik: Tes tulis (Workbook)
Pedoman Penilaian:
1.
Untuk setiap
jawaban benar = 1
2.
Jawaban salah
= 0,5
3.
Tidak menjawab
= 0
4.
Nilai = jumlah
score X 10
6
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
UNIT 1
LOTS TO DO
Sekolah |
: |
SD ………………….. |
Subjek |
: |
Bahasa Inggris |
Skill |
: |
Membaca (Reading) dan
Berbicara (Speaking) |
Kelas/ Semester |
: |
4/1 |
Alokasi Waktu |
: |
2x35 menit |
I.
Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam
konteks kelas
3. Memahami tulisan Bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
II.
Kompetensi Dasar
2.2 Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang dan memberi barang
3.1 Membaca nyaring dengan melafalkan kosa
kata dengan tepat
3.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana
III.
Indikator Pencapaian
1.
Mengungkapkan
tindak tutur untuk:
a.
Meminta
bantuan
b.
Meminta barang
c.
Memberi barang
2.
Mengaplikasikan
grammar yang dipelajari dalam kegiatan tanya jawab dengan teman sekelas
3.
Mengulang kosa
kata yang didengar dengan lantang dan tepat
4.
Mengucapkan
dengan lantang nama dari setiap gambar yang dimaksud
5.
Menjawab
pertanyaan sesuai informasi yang didapatkan dalam teks yang dibaca
IV.
Material Pembelajaran
a.
Hang Out! Level 4 Student Book
b.
Hang Out! Level 4 Workbook
V.
Metode Pembelajaran
1.
Role Play
2.
Match the text
with the pictures
3.
Audio
VI.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
a.
|
Guru
menyapa para murid dan mengabsensi para murid |
10” |
b. |
Guru
mereview kembali kosa kata yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya |
||
Kegiatan Inti |
a.
|
Guru
memberikan waktu kepada para murid untuk mempersiapkan diri dan dialog
kelompoknya |
50” |
b.
|
Guru
memberikan waktu sekitar 3-5 menit untuk mereka tampil |
||
c.
|
Selama
penampilan para muridnya, Guru hanya menilai dan mencatat kesalahan-kesalahan
yang para muridnya lakukan tanpa menginterupsi mereka |
||
d.
|
Ketika
penampilan selesai, Guru membahas kesalahan-kesalahan yang ia catat tanpa
menyebutkan nama murid yang melakukan kesalahan tersebut |
||
e.
|
Guru
meminta para murid untuk berkelompok dan memberikan sebuah gambar tanpa ada
dialog dalam gambar tersebut (gambar ambil dari halaman 16-17 dan semua teks
yang ada di kotak hijau dihilangkan. Sisakan teks yang ada di kotak pink).
Guru juga memberikan satu set teks kepada masing-masing kelompok |
||
f.
|
Guru
meminta para murid untuk menempelkan teks tersebut di tempat yang seharusnya
dalam gambar tersebut kemudian mereka diminta untuk membaca teks-teks
tersebut dan merangkum isi dari setiap teks yang ada |
||
g.
|
Guru
dan para murid bersama-sama menjawab pertanyaan yang ada di halaman 17 bagian
B |
||
h.
|
Guru
kemudian memutarkan sebuah audio dan meminta para murid untuk mengisi baris
yang rumpang sesuai dengan informasi yang mereka dengarkan dari audio
tersebut kemudian menjawab pertanyaan dibawahnya sesuai dengan teks yang
mereka baca |
||
i. |
Guru
meminta para murid untuk mengisi jawaban di baris yang kosong untuk
pertanyaan-pertanyaan yang ada di halaman 18 bagian D |
||
j. |
Guru
dan para murid menjawab bersama-sama jawaban dari semua pertanyaan tersebut |
||
Kegiatan Penutup |
a.
|
Guru
mereview lagi materi yang dibagikan dengan memberi pertanyaan-pertanyaan kemudian Guru meminta para murid untuk
mengerjakan Workbook |
10” |
b.
|
Guru
mengucapkan selamat tinggal kepada para murid |
VII.
Penilaian
Reading
Teknik: Tes tulis (Workbook)
Pedoman Penilaian:
1.
Untuk setiap
jawaban benar = 1
2.
Jawaban salah
= 0,5
3.
Tidak menjawab
= 0
4.
Nilai = jumlah
score X 10
6
Speaking
Teknik: Tes lisan
Pedoman Penilaian: Mengacu pada penilaian diknas
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
UNIT 1LOTS
TO DO
Sekolah |
: |
SD ………………….. |
Subjek |
: |
Bahasa Inggris |
Skill |
: |
Menulis (Writing) |
Kelas/ Semester |
: |
4/1 |
Alokasi Waktu |
: |
2x35 menit |
I.
Standar Kompetensi
4. Mengeja
dan menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
II.
Kompetensi Dasar
4.2
Menyalin tulisan Bahasa
Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima
seperti: ucapan selamat dan pesan tertulis
III.
Indikator Pencapaian
1.
Mengidentifikasi
kosa kata mengenai aktifitas dan nama-nama tempat dalam satu teks pendek dan
sederhana
2.
Melengkapi
tabel sesuai dengan topik yang diberikan
3.
Menyusun suatu
teks pendek dan sederhana menggunakan informasi yang telah ditulis dalam tabel
IV.
Material Pembelajaran
a.
Hang Out! Level 4 Student Book
b.
Hang Out! Level 4 Workbook
V.
Metode Pembelajaran
1.
Making short
summary
2.
Groupwork
3.
Filling the
table
4.
Peer
correction
5.
Writing short
story about their plans
VI.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
||
Kegiatan Pendahuluan |
a.
|
Guru
menyapa para murid dan mengabsensi para murid |
10” |
|
b.
|
Guru
mereview kembali kosa kata yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya dengan tanya
jawab |
|||
Kegiatan Inti |
a.
|
Guru meminta para murid untuk berpasangan kemudian memberikan
teks yang berbeda kepada setiap murid |
50” |
|
b.
|
Guru
meminta setiap murid membaca teks yang mereka dapatkan. Mereka diminta juga
untuk melingkari kegiatan yang ada dalam teks tersebut dan menggarisbawahi
nama-nama tempat yang ada dalam teks tersebut |
|||
c.
|
Guru
meminta para murid untuk bergantian menceritakan isi dari teks yang mereka
dapatkan kepada teman sebangku mereka |
|||
d.
|
Guru
dan para murid saling bertanya jawab mengenai teks yang mereka dapatkan: |
|||
1.
|
Will
the write in text A will be busy next week? |
|||
2.
|
What
will happen? What does the writer have to do? |
|||
3.
|
How
about the second text? Where does Timmy have to go? |
|||
4.
|
What
does he have to do? |
|||
e.
|
Guru
meminta para murid untuk mengisi tabel yang ada di halaman 19 bagian B dengan
rencana akhir pekan mereka |
|||
f.
|
Guru meminta para murid untuk berpasangan kemudian saling
bertanya jawab mengenai rencana akhir pekan masing-masing. Kemudian, para murid
diminta untuk mengisi tabel kedua yang ada di bagian B halaman 19 dengan
hasil tanya jawab mereka |
|||
g.
|
Guru
meminta para murid untuk menulis suatu teks pendek yang menceritakan mengenai
rencana akhir pekan mereka sesuai dengan isi dalam tabel yang telah mereka
buat |
|||
h.
|
Setelah
selesai, para murid diminta untuk menukarkan teks yang telah mereka tulis
dengan teman sebangku mereka untuk dikoreksi (peer correction) |
|||
i. |
Guru
memberikan para murid waktu untuk membetulkan teks mereka berdasarkan koreksi
dari teman mereka. Kemudian, di akhir pertemuan, Guru meminta para murid
untuk mengumpulkan hasil tulisan mereka |
|||
Kegiatan Penutup |
a.
|
Guru
mereview lagi materi yang dibagikan dengan memberi pertanyaan-pertanyaan kemudian Guru meminta para murid untuk
mengerjakan Workbook |
10” |
|
b.
|
Guru
mengucapkan selamat tinggal kepada para murid |
VII.
Penilaian
Writing
Teknik: Tes Tertulis
Bentuk: Melengkapi chart
Pedoman Penilaian: Mengikuti pedoman penilaian dari
diknas
Lampiran
Lampiran 1
a. You will go here when you are sick to buy medicine.
This place has a special scent. (Pharmacy)
b. In the past, this place only for sending letters.
However, nowadays, this place is also delivering things too. You can also buy
postage stamps here. (Post office)
c. I love to go to this place. Everythings which I
need can be found in this place. This place sells foods, vegetables, drinks,
and also daily needs such as shampoo, soap, toothpaste, etc. Some places sell
books and stationery also. (Supermarket)
d. This place is usually a huge place. You can find
any kind of books here such as romantic books, horror books, fiction books,
etc. Some places sells dolls and toys too. (Bookstore)
e. This place is for opening account in which you can
save your money. Although you are still young, you need to know this place and
save your money here. (Bank)
f. If you want to buy fancy clothes, you can go here.
In this place, you can see many kinds of clothes. In Indonesia, Matahari, is
the example of this place. (Department Store)
g. I like to go here on weekends with my friends,
especially, to see the new movie which has been released. I will buy popcorn
and cola to accompany me during the movie. (Theatre)
h. “Oh no, I need a new haircut!” – after saying that
sentence, I will call my barber to make an appointment and go to this place to
have a new haircut. Usually, I will go there with my bestfriend. We are not
only cutting our hair, but also creambath. It’s a fun time for girls!
(Hairdresser)
Lampiran 2
Julie :
Hi
girls!
Girls :
Hi
Jul!
Julie :
What’s
your plan for this weekend?
Olive :
I
have to go to department store. Huftt...
Caroline : Why do you look sad?
Olive :
Because
I have to go by myself. My parents can’t accompany me. They only drop me there then will pick me up after I finish shopping
Julie :
Do
you have to go there this week?
Olive :
Yes,
I need to buy some stationaries
Caroline : Then, I can accompany you. How about you, Julie? Do
you have plan this weekend
Julie :
Nope.
I can accompany you also
Olive :
Woaw,
you are my bestfriends.
0 Komentar