RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) DARING
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Cita-citaku (Tema 6)
Sub Tema : Aku dan Cita-citaku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia(3.6, 4.6), IPA (3.2, 4.2)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN
1. Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi dengan benar.
2. Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
3. Melalui kegiatan menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Guru menyapa siswa dengan aplikasi zoom/google classroom dan memandu siswa untuk mengawali pembelajaran dengan berdoa. (Religius dan Integritas) 2. Guru bertanya apakah hari ini sudah membantu orang tua, beribadah dan berdo’a. (Karakter dan Life Skills). 3. Guru menanyakan dan memotivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran hari ini. (Pengalaman belajar dan Variasi Aktivitas) 4. Guru Memberi gambaran tentang manfaat pembelajaran pada hari ini. 5. Guru melakukan share materi ke grup kelas dan memberikan tugas pembelajaran hari ini. |
10 menit |
Kegiatan Inti
|
Alat dan Bahan 1. Panduan Buku Guru dan Siswa 2. Video/ slide/ gambar dan materi ajar 3. Internet dan zoom/Google classroom 4. Gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan
1. Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman 1 tentang seorang anak yang sedang membayangkan cita-citanya. Dengan bimbingan orangtua siswa membahas tentang berbagai pekerjaan yang menjadi cita-cita antara lain menjadi seorang guru, arsitek, dokter hewan, penyanyi, dan pilot. (Creativity and Innovation) 2. Guru meminta siswa untuk mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Aku dan Cita-Citaku dengan menjawab beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa tentang topik Cita-Citaku. (Critical Thinking and Problem Solving) 3. Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan berbagai profesi. Siswa lalu mencoba mengidentifikasi keahlian-keahlian yang dibutuhkan oleh profesi tersebut sesuai dengan bidangnya. Siswa menuliskan keahlian-keahlian tersebut di kolom yang tersedia pada setiap gambar. 4. Siswa kemudian menuliskan pada kolom yang terdapat pada halaman 3 tentang pekerjaan yang menjadi cita-citanya serta menuliskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan profesi yang dipilihnya tersebut. (Creativity and Innovation) Ayo Membaca 1. Siswa membaca teks puisi berjudul “Cita-citaku”. Dengan bimbingan guru melalui chat, siswa mencoba mengidentifikasi ciri-ciri puisi. Guru meminta siswa untuk berdiskusi dengan anggota keluarganya dan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk menemukan ciri-ciri puisi. (Literasi) 2. Siswa menyajikan hasil pengamatannya dan hasil diskusinya dalam bentuk sebuah kesimpulan tentang ciri-ciri puisi. (Creating) Ayo Berlatih 1. Siswa mengamati bagian-bagian puisi yang terdapat pada halaman 5. Siswa lalu menuliskan bagian-bagian puisi tersebut menjadi sebuah bait puisi dan menuliskannyapada kolom yang terdapat pada halaman yang sama. (Hots) 2. Siswa membaca dan memahami teks informasi tentang cita-cita mulia menjadi seorang dokter hewan. Dengan bimbingan orangtua, siswa membahas tentang profesi menjadi seorang dokter hewan serta tugas-tugas seorang dokter hewan. (Literasi) Ayo Mengamati 1. Siswa mengamati beberapa gambar hewan peliharaan pada halaman 6. Dengan bimbingan orangtua, siswa lalu mendiskusikan bagaimana hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan. (Critical Thinking and Problem Solving) Ayo Berdiskusi 1. Bersama anggota keluraga, siswa mengamati beberapa gambar tahapan pertumbuhan hewan yang terdapat pada halaman 8. Siswa lalu menyusun gambar-gambar tahapan pertumbuhan hewan tersebut menjadi tahapan pertumbuhan hewan yang benar. Setiap siswa kemudian berdiskusi dan menuliskan kesimpulan hasil diskusinya tentang tahapan pertumbuhan hewan tersebut pada kolom yang terdapat pada halaman 9. Setiap siswa menuliskan hasil kesimpulannya di buku masing- masing. (Collaboration) (Analysing, Evaluating, Creating) Mengkomunikasikan 1. Siswa tanya jawab dengan guru tentang materi yang dipelajari melalui aplikasi yang telah ditentukan. |
150 menit |
Kegiatan Penutup |
1. Siswa melaporkan semua latihan dan dokumentasi kegiatan hari ini di buku siswa masing-masing, kemudian melaporkan ke guru dalam bentuk chat, foto, atau rekaman suara. (Variasi Aktivitas) 2. Siswa diwajibkan melihat video pengetahuan di Youtube.com seperti Discovery Channel, sisi terang dan situs lain yang memberikan pengetahuan dan keterampilan kemudian merangkum isinya. (Life Skills dan Variasi Aktivitas) 3. Belajar menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 4. Guru melakukan evaluasi dan refleksi hasil belajar siswa hari ini dalam bentuk rangkuman chat, video atau rekaman suara. |
10 menit |
1. Pengamatan Sikap : (pengamatan dan rekaman sikap)
2. Penilaian Pengetahuan : (Dokumentasi kegiatan belajar,tes tulis, laporan dan presentasi)
3. Penilaian Keterampilan : (Dokumentasi praktek, unjuk kerja, hasil produk)
Mengetahui Kepala Sekolah,
……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 4 ,
……………………………… NIP…………………………. |
Untuk file doc./wordnya bisa di dowload di link berikut : RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) DARING 1 lembar
0 Komentar