Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Tes Formatif 3 UT Modul 3 Karakter Positif

 

Tes Formatif 3

      Petunjuk: Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Jika seorang guru melakukan peragaan sebagai berikut: Mula-mula ia letakan 2 buah manik-manik yang bertanda negatif ke dalam papan peragaan, kemudian ia tambahkan lagi ke dalam papan peragaan tersebut 5 pasang manik-manik (tanda positif dan negatif) yang diletakan secara berdampingan (membentuk lingkaran), lalu ia ambil 7 buah manik-manik yang bertanda negatif. Peragaan di atas memperlihatkan bentuk operasi hitung ..

   A. 2 – 7

   B. (-2) – (-7)

   C. 2 – (-7)

   D. 2 + 7

2. Seorang guru memperagakan penggunaan balok garis bilangan. Mula-mula ia langkahkan model ke arah bilangan positif dan berhenti di skala 5. Pada skala 5 tersebut sisi muka model diarakan ke bilangan negatif, kemudian ia langkahkan model tersebut mundur sebanyak 9 skala. Peragaan operasi hitung ini memperlihatkan kepada kita bentuk operasi hitung ....

    A. 5 + 9

    B. 5 + (-9)

    C. 5 – (-9)

    D. 5 – 9

3. Bentuk operasi hitung -20 – (-15) sama artinya dengan bentuk operasi hitung ....

    A. 20 – 15

    B. (-15) + 20

    C. 20 – (-15)

     D. (-20) + 15

4. Pada opeasi pengurangan bilangan-bilangan bulat tidak berlaku sifat-sifat, kecuali ....

    A. Komunitatif

    B. Asosiatif

    C. Tertutup

    D. Ada unsur inversnya

5. Seekor burung terbang ke utara dengan kecepatan 10 m/detik. Dari utara tertiup angin dengan kecepatan 11 m/detik, maka besarnya kecepatan burung tersebut ke arah utara adalah ....

    A. 1 m/detik

    B. -1 m/detik

    C. -21 m/detik

    D. 21 m/detik

6. Bila model yang dipasang pada skala 0 dan menghadap ke belakang negatif, kemudian dilangkahkan mundur 3 kali

    dengan setiap langkah 4 skala, maka peragaan ini menunjukkan operasi hitung ....

     A. (-3) x (-4)

     B. 3  x (-4)

     C. (-4) x (-3)

     D. (-4) x 3

7. Bentuk perkalian 8 x 45 dapat ditulis seperti berikut , kecuali ....

    A. (8 x 90) + (8 x 5)

    B. (8 x 100) – (8 x 5)

    C. (8 x 100) + (8 x 5) 4

    D. 10 x 95) – (2 x 95)

8. Suatu persegi panjang diketahui panjangnya (2x – 3) cm dan lebarnya (x + 1) cm. Bila K adalah keliling persegi panjang

    tersebut, maka bentuk formula dari keliling tersebut adalah ....

    A. K = 4x + 6

    B. K = 6x + 4

    C. K = 6x – 4

    D. K = 4x - 6

9. Dari soal nomor 8, bila keliling persegi panjang tersebut sama dengan 50, maka panjang dan lebar persegi panjang

    tersebut berturut-turut adalah ....

    A. P = 13 dan l = 9

    B. P = 18 dan l = 10

    C. P = 15 dan l = 9

    D. P = 15 dan l = 10

10.  Suatu persegi panjang, panjangnya 8 cm dan lebarnya 2x – 3). Jika luasnya tidak lebih dari 40 cm2 , maka bentuk pertidaksamaan yang berlaku pada persegi panjang tersebut bentuk yang paling sederhana adalah ....

     A. x ≤ 4

     B. x < 4

     C. x ≥ 4

     D. x > 4

Cocokkanlah jawaban Anda dengan kunci jawaban Tes formatif yang terdapat di bagian bawah ini. Hitunglah jawaban yang benar, kemudian gunakan rumus untuk mengetahui tingkat tingkat penguasaan Anda terhadap materi inisiasi 3. Apabila kurang dari 80%,  maka Anda harus mempelajari materi inisasi 3 lagi

1. B  Kaji kembali prinsip penggunaan alat peraga manik-manik yang menyangkut

        masalah pengurangan

2. C  Karena dalam peragaan kearah maju ke skala 5, kemudian sisi muka model diarahkan ke bilangan

       negatif mundur sebanyak 9 langkah        

3. D  Ingat konsep a – (-b) = a + b

4. C  Pada pengurangan bilangan bulat hanya berlaku sifat tertutup

5. B  Di dapat bentuk operasi 10 + (-11). Ingat arah burung dan arah angin berlawanan

6. A  Cukup jelas, sesuai dengan prinsip penggunaan alat peraganya

7. C  Cukup jelas, pahami sifat distributif

8. C  Ingat K = 2p + 2l, substitusikan nilai p dan l -nya ke dalam persamaan K –nya

9. D  Jika penjabaran Anda pada nomor 8 benar, maka dengan menyubstitusikan 50 ke dalam

        persamaan K akan didapat   x = 9 sehingga p = 15, l  = 10

10.  A  Luas persegi panjang = p x l , substitusikan nilai-nilai yang ada ke dalam rumus tersebut dengan

         mengganti tanda = dengan ≤ untuk menyatakan istilah tidak lebih dari

Posting Komentar

0 Komentar